Profil PDAM Gresik

    Author: Thohari Anwar PhD Genre: »
    Rating

    Pada tahun 1913 untuk memenuhi kebutuhan air di Gresik bagi masyarakat di wilayah Kecamatan gresik dan sebagian kecil Kecamatan Manyar, Pemerintah Hindia Belanda telah membangun Instalasi Air Minum dengan nama Regentschap Water Leideng dan air bakunya diperoleh dari air bawah tanah di Desa Suci Kecamatan Manyar yang terletak ± 7 Km di sebelah barat kota Gresik. Dalam perjalanan waktu pada tahun 1932 sumber air bakunya dikembangkan lagi dengan membangun 1 Broncaptering yang juga terletak di Desa Suci Kecamatan Gresik, debit air yang didistribusikan sampai tahun 1982 sebesar 30 liter/detik.



    Setelah Indonesia merdeka pengelolaan air bersih diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia, diamana Badan Pengelolanya secara structural berad dibawah Dinas Pekerjaan Umum Daerah Kabupaten Surabaya.
    Sehubungan dengan perubahan nama Kabupaten Surabaya menjadi Kabupaten Gresik, maka tahun 1972 Berdasar Surat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Gresik Nomor : V/26/P tanggal 20 Juli 1972, telah diadakan penyempurnaan Lembaga Pengelola Air Bersih menjadi Perusahaan Saluran Air Minum (PSA) Kabupaten Daerah Tingkat II GResik dan strukturalnya masih berda dibawah jajaran Dinas Pekerjaan Umum.
    Pada tahun 1978 melalui Peraturan Daerah kabupaten Daerah Tingkat II Gresik, selanjutnya pada tahun 1986 disempurnakan dengan diterbitkannya Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Kabupaten Daerah Gresik Tingkat II Gresik Nomor : 4 Tahun 1986 tentang Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Daerah TIngkat II Gresik yang berlaku sampai dengan saat ini.

     Situs resmi http PDAM GRESIK

    Leave a Reply