Profil PT Indofood Sukses Makmur

    Author: Thohari Anwar PhD Genre: »
    Rating

    PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Merupakan salah satu perusahaan dalam salim grup memproduksi berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 14 Agustus 1990 oleh Sudono Salim dengan nama PT. Panganjaya Intikusuma yang pada tanggal 5 Februari 1994 menjadi Indofood Sukses Makmur. Perusahaan ini mengekspor bahan makanannya hingga Australia, Asia, dan Eropa.

    Dalam beberapa dekade ini Indofood telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan total food solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran.
    Profil PT Indofood Sukses Makmur
    Gb.Liputan6 com

    Awalnya perusahaan ini dimulai ketika pada tahun 1995 mengakuisisi pabrik penggilingan gandum Bogasari. Kemudian pada tahun 1997 Mengakuisisi 80% saham grup perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, agribisnis dan distribusi. Tahun 2004 Mengakuisisi 60% saham perusahaan kemasan karton.Tahun 2005 Membentuk perusahaan patungan dengan Nestlé SA untuk pemasaran produk-produk kuliner. Mengakuisisi perusahaan perkebunan di Kalimantan Barat. Mengakuisisi Convertible Bonds yang diterbitkan oleh perusahaan perkapalan, PT Pelayaran Tahta Bahtera, setara dengan 90,9% kepemilikan saham. 

    Pada tahun 2006 perusahaan ini mengakuisisi 55,0% saham perusahaan perkapalan, Pacsari Pte. Ltd. Mengakuisisi beberapa perusahaan perkebunan di Kalimantan Barat. Mengakuisisi Convertible Bonds yang diterbitkan oleh perusahaan perkapalan, PT Pelayaran Tahta Bahtera, setara dengan 90,9% kepemilikan saham. Pada 2007 perusahaan ini mencatatkan saham Grup Agribisnis di Bursa Efek Singapura (“SGX”) dan menempatkan saham baru. Menambah sebesar 35% kepemilikan saham di Pacsari, menjadi 90% kepemilikan. Mengakuisisi 60% kepemilikan saham di perusahaan perkebunan yang dimiliki oleh Rascal Holding Limited. Partisipasi dalam pengeluaran saham baru PT Mitra Inti Sejati Plantation dan memiliki 70% kepemilikan. Mengakuisisi 64,4% kepemilikan saham PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (“Lonsum”).

    Pada  tahun 2008 Partisipasi dalam penerbitan saham baru PT Lajuperdana Indah (“LPI”) , dengan kepemilikan sebesar 60%. Mengakuisisi 100% saham Drayton Pte. Ltd., yang memiliki secara efektif 68,57% saham di PT Indolakto (“Indolakto”), sebuah perusahan dairy terkemuka. Mengakuisisi seluruh kepemilikan beberapa perusahaan perkebunan yang memiliki fasilitasbulking.


    Pada tahun 2009 perusahaan ini melakukan restrukturisasi internal Grup CBP dimulai dengan pembentukan PT Indofood CBP Sukses Makmur (“ICBP”) dan pemekaran kegiatan usaha mi instan dan bumbu, yang diikuti dengan penggabungan usaha seluruh anak perusahaan di Grup CBP yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Perseroan, ke dalam ICBP.

    Pada tahun 2010 perusahaan ini menyelesaikan restrukturisasi internal Grup CBP melalui pengalihan kepemilikan saham anak perusahaan di Grup CBP dengan jumlah kepemilikan kurang dari 100% ke ICBP. Mencatatkan saham ICBP di BEI. Meningkatkan kepemilikan saham Pascari sebesar 10% menjadi 100% kepemilikan. Pada tahun 2011 perusahaan ini mencatatkan saham PT Salim Ivomas Pratama (“SIMP”), anak perusahaan langsung dan tidak langsung Perseroan, di BEI. Pada tahun 2012 ICBP mendirikan dua perusahaan patungan dengan Asahi Group Holdings Southeast Asia Pte. Ltd. (“Asahi”) untuk memasuki pasar minuman non-alkohol di Indonesia

    Pada tahun 2013 Grup Agribisnis melalui anak perusahaannya SIMP dan Lonsum, mengakuisisi 79,7% saham di PT Mentari Pertiwi Makmur, dimana memiliki anak perusahaan yang bergerak di bidang usaha penanaman hutan industri dan agro forestry.
    Grup Agribisnis mengakuisisi 50% saham Companhia Mineira de Açúcar e Álcool Participações, perusahaan gula di Brasil.
    ICBP, melalui anak perusahaan patungannya dengan Asahi, mengakuisisi PT Prima Cahaya Indobeverages, exclusive bottler untuk produk-produk PepsiCo.
    Grup Agribisnis dan First Pacific Company Limited membentuk perusahaan patungan 30:70 untuk melakukan investasi atas 34% kepemilikan saham Roxas Holdings Inc., perusahaan gula terintegrasi yang terbesar di Filipina.
    Mengakuisisi 82,88% saham China Minzhong Food Corporation Limited, sebuah perusahaan pemrosesan sayuran terintegrasi di Tiongkok, yang sahamnya tercatat di SGX.

     Pada tahun 2014 ICBP, melalui anak perusahaan patungannya dengan Asahi, mengakuisisi aset yang terkait dengan kegiatan usaha air minum dalam kemasan termasuk merek Club.
    PT Indolakto menyelesaikan proses akuisisi 100% saham PT Danone Dairy Indonesia, serta pembelian merek dagang dan desain industri yang berhubungan dengan produk Milkuat.
    Grup Agribisnis, melalui LPI, mengakuisisi 100% saham di PT Madusari Lampung Indah, perusahaan budidaya tebu. 
    Agribisnis dan First Pacific Company Limited membentuk perusahaan patungan 30:70 untuk melakukan investasi atas 34% kepemilikan saham Roxas Holdings Inc., perusahaan gula terintegrasi yang terbesar di Filipina.


    Mengakuisisi 82,88% saham China Minzhong Food Corporation Limited, sebuah perusahaan pemrosesan sayuran terintegrasi di Tiongkok, yang sahamnya tercatat di SGX.

    Visi dan Misi Perusahaan  
    Visi
    Perusahaan Total Food Solutions

    Misi
    Memberikan solusi atas kebutuhan pangan secara berkelanjutan
    Senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi dan teknologi kami
    Memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan
    Meningkatkan stakeholders’ values secara berkesinambungan









    Leave a Reply